PROFILE

ALAMAT  :KALIMANTAN SELATAN, KAB.TANAH BUMBU, KEC.SUNGAI LOBAN.
JURUSAN :SISTEM INFORMASI
HOBI  :CODING SEDIKIT2.

PESAN  : JANGAN PERNAH MENYERAH WALAUPUN HALANGAN DAN RINTANGAN SEBESAR GUNUNG TETAP YAKIN BAHWA KEBERHASILAN ITU ADA SETELAH KEGAGALAN.

BANK SAMPAH SEBAGAI INOVASI CERDAS DALAM MENUNTASKAN MASALAH LINGKUNGAN Sampah dalam definisinya yang sederhana adalah sesuatu yang s...

BANK SAMPAH SEBAGAI INOVASI CERDAS DALAM MENUNTASKAN MASALAH LINGKUNGAN


BANK SAMPAH SEBAGAI INOVASI CERDAS DALAM MENUNTASKAN MASALAH LINGKUNGAN

Sampah dalam definisinya yang sederhana adalah sesuatu yang sudah tidak terpakai dan layak untuk dibuang. Pertanyaannya adalah dibuang kemana dan dengan cara apa? Untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhan ide yang inovatif. Selain itu, ada banyak sekali masalah yang ditimbulkan oleh sampah salah satunya adalah kebersihan yang menjadi faktor terjaminnya kesehatan.

            Problem sampah menjadi keresahan tersendiri dalam aspek lingkungan. Oleh karena aspeknya berupa lingkungan problem ini mendapatkan tempat tersendiri dalam menyemarakkan kampanye “Go  Green”. Penyelesaian masalah sampah dewasa ini menjadi tantangan bagi banyak inovator . Masalah yang sederhana sebenarnya. Betapa tidak, populasi yang tidak sesuai dengan pemberangusan atau pemusnahan berdampak pada lingkungan yang awalnya berupa kasus yang sepele menjadi penting untuk diselesaikan dengan menggunakan sebuah ide yang inovatif. Tentu inovasi yang dimaksud diharapkan mampu meyelesaikan masalah tersebut.

            Seseorang yang bijak tentu akan membuat sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat terutama bagi lingkungan jika konteksnya adalah “Go Green”. Inovasi yang pertama dilakukan jika berbicara “Go Green” adalah inovasi dengan standarisasi dampaknya terhadap lingkungan baik itu berupa inovasi dalam hal teknologi semisal RISHA (rumah instan,sehat dan sederhana) ataupun inovas idalam hal manajemen semisal taman ataupun hutan kota yang memanfaatkan manajemen ruang yakni dengan menatanya.

            Seiring berkembangnya zaman, masyarakat sudah menyadari bahwa sampah akan bernilai selama bisa dimanfaatkan, didaur ulang misalkan atau diolah sebagai pupuk dan lain-lain. Namun, persoalan kemudian adalah memilah sampah mana yang bisa dimanfaatkan atau tidak berdasarkan kebutuhannya. Maka dari itu dibutuhkan manajemen untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai. Disinalah sebuah langkah inovasi diperlukan. Langkah inovatif yang sesuai dengan problem diatas adalah Bank Sampah.

            Bank Sampah merupakan suatu lembaga yang berfungsi menampung sampah yang diberikan oleh masyarakat yang nantinya akan diolah kembali untuk dijadikan barang-barang yang memiliki nilai ekonomi kembali, sebagai imbal baliknya sampah-sampah yang diberikan masyarakat pada Bank Sampah akan dibeli atau dihargai berdasarkn jenis sampahnya.

            Proses menabung sampah
1.      Nasabah membawa sampah kering ke Bank Sampah
2.      Sampah yang telah dipilah akan ditimbang dan selanjutnya hasil penimbangan  ditulis dalam buku tabungan dan buku induk (semacam nomor rekening) nasabah
3.      Sampah disimpan oleh pengelola Bank Sampah.

            Demikian tulian ini dirampungkan untuk tujuan mengikuti kompetisi blogging BALITBANG PUPR dan diharapkan agar ada sosialisasi lanjut untuk inovasi ini karena dirasa mampu untuk menyelesaikan problem lingkungan pada umumnya dan sampah pada khususnya di negeri ini yang sudah menjadi keresahan sejak lama.


0 komentar: